Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (selanjutnya ditulis UIN SGD Bandung), sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran tinggi agama Islam, memiliki tanggung jawab yang besar untuk ikut serta mengembangkan keilmuan keislaman dan kemasyarakatan serta memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam proses pembangunan nasional Indonesia. Atas dasar kesadaran serta tanggung jawab tersebut, UIN SGD Bandung, dari waktu ke waktu, terus berusaha melakukan perbaikan, khususnya dalam bidang akademik.

Kebutuhan masyarakat akan tersedianya tenaga ahli di atas S.1 dan kesadaran akan perlunya peningkatan pengembangan kualitas akademik menjadi titik tolak perbaikan kualitas pelayanan UIN SGD Bandung dalam penyelenggaraan Program Pascasarjana.

VISI-MISI-TUJUAN
PROGRAM PASCASARJANA UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG


VISI

Program Pascasarjana menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu agama dan ilmu umum serta sumber daya manusia yang memiliki keunggulan kompetitif pada tingkat nasional dan global pada tahun 2020

MISSI
• Menyiapkan tenaga ahli yang berakhlaq mulia, berwawasan luas dan terbuka.
• Menyiapkan lulusan yang mampu menggali dan mengembangkan ilmu agama dan ilmu umum serta sanggup memecahkan permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat.
• Menyiapkan lulusan yang mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan responsif terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan zaman

TUJUAN
1. Umum
Program Pascasarjana bertujuan menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu agama dan ilmu umum tingkat Magister dan Doktor yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar dan peneliti ilmu agama dan ilmu umum, berikut implementasinya dalam institusi-institusi keagamaan dan pengembangan masyarakat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

2. Khusus
• Meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa untuk menguasai bidang ilmu agama dan ilmu umum yang diperlukan, dalam rangka mengembangkan masyarakat.
• Meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai tenaga peneliti dalam bidang ilmu agama dan ilmu umum sesuai dengan konsentrasi yang dikembangkannya.
• Mengembangkan sikap mahasiswa agar memiliki etika dan tanggung jawab akademik sebagai tenaga ahli dalam bidang ilmu agama dan ilmu umum.


Sarana dan Pra Sarana

1. Ruang Kuliah : Kegiatan akademik Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan dipusatkan menyatu dengan program studi lainnya di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Fasilitas yang dimiliki UIN berupa: tanah, gedung perkantoran, gedung perkuliahan, lapangan olahraga, gedung penunjang akademik, gedung rumah dinas, gedung lembaga mahasiswa, gedung koperasi dan kafetari, koperasi, MCK dan pos satpam, wartel, dan lainnya.

Rekapitulasi jumlah sarana dan prasarana di UIN Sunan Gunung Djati Bandung sekarang adalah :

a. Luas tanah keseluruhan : 78.900 m2

b. Luas bangunan : 65.575 m2

c. Luas tanah yang telah dibangun : 68.925 m2

d. Sisa luas tanah yang belum dibangun : 9.975 m2

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan akademik lainnya, hingga saat ini Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki sarana utama yang berupa: komputer laptop 5 unit, komputer desktop 10 unit, LCD 4 unit, OHP 5 unit, screen 3 unit, dan sound system 3 unit.

Dengan demikian sarana dan prasarana yang ada saat ini masih sangat mendukung Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Luas setiap ruangan kuliah sekitar 56 m2 atau dapat menampung 30 orang mahasiswa. Seluruh ruangan perkuliahan telah dilengkapi dengan peralatan standar seperti meja/kursi, white board, dan sebagian telah menggunakan overhead projector/LCD player, screen

2. Ruangan Pimpinan Program StudiUntuk tahap awal, ruang pimpinan Program Studi akan menempati lokal seluas 24 m2 yang dapat menampung 2 orang, yaitu Ketua Program Studi, dan Sekretaris (1 orang). Ruang pimpinan ini akan diperluas bertahap sesuai dengan tuntutan perkembangan. Selain telah diterapkan dengan peralatan standar, ruang pimpinan itu juga telah dilengkapi dengan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet, pengatur suhu udara (AC) dan jaringan telepon.

3. Ruangan Dosen Ruangan dosen selain dipersiapkan untuk ruangan tunggu dosen selama ada jadwal mengajar, juga dirancang sebagai ruang baca dan konsultasi dengan mahasiswa. Oleh karena disamping tersedia meja dan kursi, juga dilengkapi dengan buku/jurnal/Koran/majalah, komputer yang terkoneksi dengan internet, pengatur suhu udara (AC), jaringan telepon dan locker untuk setiap dosen. Sebagai tahap awal, ruang dosen pimpinan Program Studi akan menempati lokal seluas 24 m2 yang dapat menampung 7 orang.

4. Ruangan Administrasi Umum Administrasi umum akan dikelola oleh 2 (dua) orang staf. Untuk keperluan itu telah dialokasikan 1 (satu) ruang administrasi seluas 16 m2. Ruang admininstrasi ini akan diperluas bertahap sesuai dengan tuntutan perkembangan, terutama jumlah mahasiswa yang dilayani. Selain telah disiapkan dengan peralatan standar, ruang pimpinan ini juga akan dilengkapi dengan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet, pengatur suhu udara (AC) dan jaringan telepon. Ruang administrasi juga akan difungsikan sebagai pusat pengendali komputasi sistem informasi manajemen Program Studi.

5. Ruang Rapat/Sidang.
Untuk menyelenggarakan rapat–rapat pimpinan dan staf, telah dialokasikan 1 (satu) ruangan yang menempati lokal seluas 24 m2. Selain dirancang/dilengkapi sebagaimana layaknya ruang rapat, ruang
ini akan dilengkapi dengan komputer, LCD player, screen permanen. Selain untuk rapat, ruang ini pun dirancang dan dipersiapkan agar dapat digunakan sebagai ruang seminar/diskusi kelompok mahasiswa, dan ujian tesis.


6. Ruang Student Day
Ruang Student Day terletak di lantai 4 gedung Program Pascasarjana. Pada awalnya, ruang ini diperuntukkan bagi penyelenggaraan seminar, kuliah umum, dan kegiatan-kegiatan ini yang melibatkan civitas akademika pada program Pascasarjana ini secara massal. Untuk lebih memberikan fasilitas kepada para mahasiswa, ruang ini pun kemudian dilengkapi dengan fasilitas hot-spot, dengan tujuan dapat lebih
digunakan sebagai student lounge, dengan hari kamis sebagai student-day-nya. Pada setiap hari kamis, diharapkan mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain, dengan mengambil bentuk diskusi-diskusi mini, presentasi work in process laporan penelitian, pemutaran film, dll.

7. Pusat Komputer
UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah memiliki pusat komputer dengan luas sekitar 56 m2 yang digunakan oleh semua mahasiswa. Pusat komputer ini kelak dapat juga dimanfaatkan oleh mahasiswa Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan tujuan membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam penggunaan berbagai program komputer, baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian. Namun demikian diperlukan beberapa penyesuaian pusat komputer tersebut terutama yang berhubungan dengan software bidang informasi. Materi praktikum komputer diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa yang meliputi teknologi (komunikasi data, jaringan dan organisasi sistem komputer), metodologi (perancangan sistem dan algoritma pemrograman), dan aplikasinya.

8. Perpustakaan.
Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung berfungsi sebagai penunjang program pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Namun perpustakaan belum memiliki fasilitas internet
sehingga pemanfaatannya untuk mengakses sumber belajar yang lebih mutakhir masih sangat terbatas. Untuk memenuhi fungsi tersebut, perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung bertugas:
1. Melaksanakan pengadaan bahan yang sesuai dengan keperluan masyarakat pemakainya, terutama mahasiswa dan pengajaran;
2. Mengolah bahan pustaka yang diterima agar dapat dimanfaatkan oleh pemakai;
3. Melayani peminjaman dan pemakaian bahan pustaka di tempat;
4. Menyelenggarakan orientasi perpustakaan khusus untuk mahasiswa baru;
5. Menyelenggarakan paket pendidikan pemakai perpustakaan; dan;
6. Menjadi anggota jaringan informasi dan komunikasi lokal, regional, nasional & internasional.

Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung saat ini telah memiliki perpustakaan dengan luas ruangan sekitar 120 m2 yang terdiri atas ruang baca, ruang koleksi, ruang majalah, dan ruang administrasi.

Perpustakaan itu terbuka untuk semua kalangan dan akan dialokasikan 1 (satu) ruangan seluas 100 m2 khusus untuk perpustakaan yang dirancang dapat menampung 5.000 buah buku dan 30 orang pengunjung sekaligus.

9. Fasilitas Pendukung
Selain sarana/prasarana pokok seperti yang diuaraikan diatas, Program Studi Magister Ekonomi Islamjuga akan mempersiapkan fasilitas/sarana pendukung lainnya yang diperlukan. Fasilitas pendukung itu diantaranya untuk mendukung proses perkuliahan, administrasi, komunikasi dan fasilitas umum lainnya. Untuk mendukung proses perkuliahan, telah tersedia beberapa peralatan seperti LCD player, overhead projector, screen, komputer, sound sistem, dan jaringan internet wireless. Begitu juga dengan peralatan pendukung komunikasi seperti jaringan telepon, faximile dan peralatan transportasi/kendaraan. Sementara itu mengenai fasilitas umum lainnya yang diperlukan, seperti, masjid, aula, kantin dan sebagainya,dapat menggunakan yang sudah tersedia saat ini di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Struktur Organisasi Pascasarjana

DIREKTUR
Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si

Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Dr. H. M. Anton Athoillah, MM
Asisten Direktur Bidang Pengembangan dan Kerjasama
Prof. Dr. H. Nurwadjah Ahmad EQ., MA.

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha
Wawan Gunawan,S.Ag.


PIMPINAN PROGRAM STUDI S2

Ketua Prodi Ilmu Agama Islam (S2)
Prof. Dr. H. Endang Soetari Ad., M.Si.
Sekretaris Prodi Ilmu Agama Islam (S2)
Dr. H. Fisher Zulkarnaen, M.Ag.

Ketua Prodi Ilmu Hukum (S2)
Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, SH, M.Hum



PIMPINAN KONSTRASI:

Tafsir (S2)
Prof. Dr.H.A.Chozin Nasuha, MA

Hadits (S2)
Prof. Dr. H. Endang Soetari Ad., M.Si.

Filsafat dan Pemikiran Islam (S2)
Dr. Ikyan Sibawaih, MA

Hukum Islam (S2)
Prof. Dr.H. Rachmat Syafe’i, MA

Ilmu Pendidikan Islam (S2)/ Pendidikan Agama Islam (S2)
Prof.Dr. H. A. Tafsir

Sosiologi Agama (S2)
Ekonomi Islam (S2)
Prof. Dr. H. Mudor Effendi, M.Si.
Bahasa Arab (S2)
Prof. Dr. H. T. Fuad Wahab
Ilmu Dakwah (S2)
Sejarah Kebudayaan Islam (S2)
Religious Studies (d/h Perbandingan Agama) (S2)
Ilmu Hukum (S2)

PIMPINAN PROGRAM STUDI S3
Hukum Islam (S3)
Prof. Dr. H. Juhaya S. Praja, MA
Pendidikan Islam (S3)
Prof. Dr. H. Ahmad Tafsir, MA

Daftar Dosen Pascasarjana
• Prof. Dr. H. A. Tafsir
• Prof. Dr. H. Juhaya S Praja
• Prof. Dr. H. I. Nurol Aen, MA.
• Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si.
• Prof. Dr. H. Wardi Bachtiar, MS.
• Prof. Dr. H. Rachmat Syafe’i, MA.
• Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, MS.
• Prof. Dr. H. Endang Soetari Ad., M.Si
• Prof. Dr. H. Salim Umar, MA.
• Prof. Dr. H. A.Chozin Nasuha, MA
• Prof. Dr. H. Jam’an Syatori, M.Pd.
• Prof. Dr. H. Ahmad Sanusi, SH.,M.PA.
• Prof. Dr. H. Sanusi Uwes, M.Pd.
• Prof. Dr. H. Jusman Iskandar,M.Sc.
• Prof. Dr. A. Chaedar al-Wasilah,Ph.D.
• Prof. Dr. H. D. Hidayat, MA
• Prof. Dr. H. Sudardja Adiwikarta
• Prof. Dr. H. Nanang Fatah, M.Pd.
• Prof. H. Furqan,Ph.D.
• Prof. Dr. H. Hendi Suhendi, M.Si.
• Prof. Dr. H. Mudor Effendi, M.Si.
• Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag.
• Prof. Dr. H. Abdul Rozak, M.Ag.
• Prof. Dr. H. A. Sudja’i
• Prof. Dr. H. Bambang Suwarno, M.Pd.
• Prof. Dr. H. M. Abdurrahman,MA.
• Prof. Dr. H. Afif Muhammad, MA.
• Prof. Dr. H. Nurwadjah Ahmad EQ,MA.
• Prof. Dr. H. Jaih, SE, M.Ag.
• Prof. Dr. H. T. Fuad Wahab
• Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, M.H.
• Prof. Dr. H. Tajul Arifin, MA
• Prof. Dr. (HC) K.H.A Djazuli
• Prof. Dr. H. Tihami, M.Hum
• Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf LN
• Prof. Dr. H. Afifudin, MM
• Prof. Dr. H. Agus Salim Mansur, M.Pd
• Prof. Dr. H. Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si
• Prof. Dr. H. Muchtar Solihin, M.Ag
• Prof. Dr. H. Isak Abdulhak, M.Pd.
• Prof. Dr. H. Abdul Hamid, M.Ec
• Prof. Dr. H. Ali Abdurrahman, M.Ag
• Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag
• Prof. Dr. H. Asep Saepul Muhtadi, MA
• Prof. Dr. H. Saeful Anwar, MA
• Prof. Dr. H. Supiana, M.Pd
• Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag
• Prof. Dr. H. Hamid Hasan, M.Pd.
• Prof. Dr. H. Miftah Farid
• Dr.H. Ikyan Sibawaih,MA.
• Dr.H. M. Anton Athoillah, MM.
• Dr. Suwandi, SE, M.Si.
• Dr. H. Surahman Hidayat.MA.
• Dr. H. Ahmad Zayadi, M. Pd.
• Dr. H. M. Luthfi, MA.
• Dr. H. Fisher Zulkarnaen, MA.
• Dr. Ali Masrur, M.Ag.
• Dr. H. Nurohman, MA.
• Udin Sa’ud, Ph. D.
• H. Suyono, SE. M. Ag.
• H. Rukmana, SE., M.Ag.
• Gustiana Isya Marjani, Ph.D.
• Dr. H. Yulizar M Djamaludin, M. Ec.
• Dr. Syahidin, M.Pd.
• Dr. H. Koko Abdul Kodir, M.Ag
• Dr. Andewi Sulastri, M.Ag
• Dr. Rudi Heryana, MA
• Dr. Yahya Sudarya, M.Pd
• Dr. Endang Herawan, M.Pd.
• Dr. Asep Nursobah
• Dr. Sulasman, M.Hum
• Dr. H. Syihabudin, MA
• Dr. H. Hasan Ridwan, M.Ag
• Dr. H. Sukriyadi Sambas, M.Si
• Dr. H. Dindin Djamaludin, M.Ag
• Dr. Deni Kamaludin Yusuf, M.Ag
• Dr. Syahrul Anwar, M.Ag
• Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si
• Nina Nurmila, Ph.D
• Erni Ernawati, Ph.D
• Dr. H. Muhibbin Syah, M.Ed
• Dr. H. Nursomad Kamba, MA
• Dr. Abdul Syukur, MA
• Dr. Hendro Prasetyo
• Dr. Yeni Ratna
• Dr. Fuad Jabali
• Dr. H. Ibrahim Syuaib, M.Ag, MA. []

Sumber: Pascasarjana UIN SGD Bandung




Tulisan Terkait



1 komentar: